10 Step Skincare?


Selamat malam teman-teman..
Kali ini aku mau cerita tentang “10 STEP SKINCARE” untuk perawatan kulit wajah secara rutin... Apa sih 10 step skincare itu? Ini merupakan rangkaian perawatan kulit untuk mendapatkan kulit yang lebih sehat dan glowing. Bukan membuat kulit lebih putih yaaa... tapi menjadikan kulit lebih sehat. putih tidak disarankan, apalagi produk yang mengandung pemutih. Lebih baik menggunakan produk “pencerah”. Rangkaian perawatan kulit ini sering dipakai oleh cewek-cewek korea. Gak bisa konsisten pake 10 step skincare? Gak usah sedih, minimal basic skincare kita gunakan sehari-hari untuk merawat kulit wajah ya...
Nah, untuk tahapan sampe 10 langkah ini khusus kupake buat malam hari aja... Apa aja produk atau langkah2nya? Berikut ini yaaaa :

1. Cleansing Oil
Minyak pembersih digunakan sebelum kita cuci muka. Fungsinya? Membuang/menghapus sisa2 make up dan juga kotoran yg menempel di kulit. Cleansing oil tersedia dengan berbagai macam merk. Kalo aku pake seri greentea dari Innisfree. 

Cleansing oil ini awet banget dipake aku. Owya, untuk yang suka pake make up full yang hampir setiap hari, aku saranin selalu pake make up remover untuk membersihkan make up yaaa.... Biar lebih bersih dan gak bikin kulit jerawatan. Cleansing oil ini biasa aku pake seminggu 3 x saja (jadwal skincare nanti kutaroh paling bawah yaaa....) 
Kemasan : 150 ml
Harga : Rp 270.000,00

2. Facial Wash 
Tahap kedua yaitu membersihkan wajah menggunakan facial wash / face scrub / yg berbentuk gel. Setelah pake cleansing oil, basahi wajah, sampai cleansing oil mulai hilang, kemudian ambil facial wash secukupnya dibasahi di telapak tangan dulu baru diaplikasikan ke wajah. 

Untuk sabun muka, aku pake dua produk ini, yaitu Pure Skin 2 in 1 face wash & scrub , dan novage supreme cleansing gel. Dipakenya gantian yaaa... Kenapa harus dua macam ini? Karena scrub dibutuhkan untuk membersihkan komedo, atau mengangkat sel-sel kulit mati di kulit kita, karena ini lumayan berat maka tidak disarankan untuk dipake tiap hari. Enak butiran scrub-nya dan wangi mint bikin seger. Nah si face scrub ini cuma kupake 2x dalam seminggu. Untuk daily, aku selalu pake cleansing gel dari seri Novage ini. Bentuknya gel, tidak banyak busa, lembut, dan bikin bersih tapi gak bikin kulit kering. Ini kupake pagi dan siang setiap hari, kecuali pas pake face scrub. 
Cuci muka itu penting yaa teman-teman.... jangan sampe lupa loohh...
Terkadang kita malas emang, apalagi kalo sudah capek, mager, jadinya pengen langsung tidur aja. No no no yaaaa... kudu harus rajin!! Aku juga kadang ada rasa males, tapi harus dilawan πŸ˜† Demi apa? Investasi jangka panjang tentu sajaaa... Karena kunci utama yaitu “cuci muka” pake sabun muka tentu saja... sehari cukup 2x saja.. 
Pure Skin 2 in 1 face wash & scrub :
Kemasan : 150 ml
Harga : Rp 125.000,00

Novage Supreme Cleansing Gel :
Kemasan : 150 ml
Harga : Rp 279.000,00

3. Exfoliating Toner / Exfoliating Cream
Tahap ini juga gak tiap hari yaaa... dalam seminggu cuma 2x. Kenapa? Sekali lagi karena exfoliating sedikit “kasar” dan “berat” di kulit, jadinya tidak disarankan setiap hari. Exfoliating berfungsi hampir sama dengan face scrub, yaitu menghilangkan komedo, mengangkat sel kulit mati sehingga regenerasi terus berlanjut. Namun, jangan tiap hari karena bisa saja kulit menjadi sensitif dan menipis. 

Untuk tahap “Exfoliated” ini, aku pake dari seri Novage by Oriflame lagi yaitu “Skin Renewing Peel”. Bentuknya krim, dan ketika diaplikasikan ada sensasi cekit-cekit sedikit, namun tidak berbahaya.. cukup apliksikan krim tipis seperti masker lalu diamkan sekitar 20 menit. Baru kemudian dibilas air biasa aja, dan bersihkan sampe benar-benar bersih. Ketika dibersihkan jangan lupa untuk memijat wajah selagi krimnya masih ada. Owya, selain ini, exfoliating ada juga yang berbentuk toner, aplikasinya lebih gampang, gak perlu dibilas. Cukup dituang ke kapas secukupnya dan diusap ke wajah dengan mengarah ke atas dan di sapu keluar wajah. Jangan lupa mengusap bagian idung juga buat yang berkomedo yaaa... 
Kemasan : 100 ml
Harga : Rp 279.000,00

4. Hydrating Toner
Beda yaa antara hydrating toner dan exfoliating toner... jangan sampe sama loh... 
Hydrating toner gunanya untuk menjaga kelembaban kulit setelah cuci muka, dan menyiapkan kulit untuk pemakaian skincare tahap berikutnya. Sebenarnya di cleansing gel tadi merupakan gabungan dari face wash + toner, tapi rasanya kurang ngena kalo gak dipake toner lagi πŸ˜… 

Untuk hydrating toner, aku pake Acne Refresh Toner dari elsheskin. Karena tipe kulitku berminyak, jadi aku perlu toner yg bisa menjaga kadar minyak dan memang khusus untuk kulit berminyak. Masalah jerawat kadang gak bisa dicegah, apalagi kalo pas bulanan, ada aja gitu... 
aplikasi toner ini cukup dituangkn di kapas secukupnya, kemudian ditepuk2 di wajah. Aku gak mau diusap, bagian usap2 udah tugas dari exfoliating toner πŸ˜‚
Cukup di tepuk-tepuk saja dengan kapas, jangan lupa aplikasikan ke leher juga yaaa... biar merata, jadi bersihnya gak cuma di muka doank. Sekali lagi menurutku toner itu penting, jangan sampe skip pemakaian toner yaa... karena toner bisa membuat kulit lebih siap menerima step berikutnya, jadi lebih lembab.
Kemasan : 100 ml
Harga : Rp 60.000,00

5. Essence
Teksturnya cair, bening, dan fungsi utamanya menghidrasi serta menjaga kekuatan kulit. Penggunaan essence juga disesuaikan dengan jenis kulit dan keluhan saat itu. Apakah untuk kulit yang kering, berjerawat atau sensitif? Essence juga bisa berfungsi untuk menyamarkan pori-pori, sehingga kulit wajah lebih sehat. Formula essence lebih ringan dan bisa dipake sehari-hari, pagi dan juga malam. 

Essence yang aku pake yaitu dari seri Novage by Oriflame “ Skin Priming Essence”. Essence ini mengandung Marine Prebiotic Active, yang bisa menghidrasi dan mengkondisikan kulit lebih sehat, glowing dan segar. Essence ini juga bisa membantu menyamarkan pori-pori di kulit wajah. Penggunaan essence rutin pagi dan malam hari. Gak usah banyak-banyak, cukup 3 tetes saja untuk wajah dan leher. Penggunaannya diratakan kemudian ditepuk-tepuk langsung yaaa.. gak usah pake kapas, sayang nanti produknya banyak nyangkut di kapas 😁 
Kemasan : 150 ml
Harga : Rp 279.000,00

6. Serum
Serum wajah juga merupakan hal penting dalam perawatan wajah. Serum mempunyai berbagai tekstur, ada yg cair, dan juga krim yg lebih padat dengan konsentrasi kandungannya lebih tinggi. Serum berfungsi sebagai “booster” sehingga membantu penyerapan krim malam. Serum juga bisa berfungsi untuk mengatasi masalah kulit, misal menghilangkan jerawat, bekas jerawat, kerutan, membuat kulit lebih sehat dan glowing, dll. 

Untuk serum, aku menggunakan dua produk dengan tekstur yang berbeda. Yaitu dari elsheskin “ Radiant skin serum” dengan tekstur yang cair dan ringan. Kemudian yg kedua dari seri Novage True Perfection “Miracle Perfecting Serum”. Aplikasi dua serum ini boleh di waktu bersamaan, atau di selang seling sesuai kondisi kulit. Aku biasanya pake elsheskin dulu, ambil sekitar 3-4 tetes kemudian aplikasikan merata ke wajah dan leher. Aplikasinya jangan lupa ditarik-tarik ke atas gitu yaa di wajah biar kulit lebih kencang, kemudian di tepuk-tepuk untuk penyerapan yang lebih merata dan cepat. Setelah itu, baru lanjut pake serum dari True Perfection. Aplikasinya dengan mengambil 1 pump seukuran biji jagung kemudian ratakan di wajah dan leher. Jangan lupa untuk menarik kulit ke atas dan di tepuk-tepuk untuk penyerapan serumnya. Aplikasikan juga ke leher yaaa secara merata... ingat loh jangan cuma fokus di wajah kita doank. Leher juga harus diperhatikan. Aku pake serum setiap malam, gak pernah di skip, karena serum = wajib (buat aku). 
Kedua serum ini sih cucok... kalo sama true perfection aku memang sudah pake rangkaian lengkapnya dari tahun 2017 dan belum pernah ganti-ganti lagi. Owya, sesuaikan penggunaan serum dengan kondisi kulit masing-masing ya teman :)
Elsheskin Skin Radiant Serum :
Kemasan : 20 ml
Harga : Rp 199.000,00

Novage True Perfection Miracle Perfecting Serum :
Kemasan : 30 ml
Harga : 525.000,00


7. Sheet Mask
Ini bagian paling menyenangkan. Pake sheet mask itu rasanya rileks banget.. sambil nungguin essence di sheet mask menyerap, kita bisa tiduran sambil ngapain aja terserah πŸ˜‚ Sheet mask biasanya aku pake seminggu sekali saja. 

Untuk sheet mask, aku suka sekali sheet mask dari Innisfree, entah itu seri Skin Clinic Mask seperti di gambar atau dari seri My Real Squeeze Mask. Kenapa? Karena aku suka kandungan essence atau cairannya lebih banyak, harganya terjangkau dan efeknya langsung berasa glowing, seger.
Selain dari inisfree aku juga kadang pake dari oriflame seri love nature, sama-sama punya cairan atau essence lebih banyak. Saking melimpahnya kadang cairannya kupake di tangan, siku, atau telapak kaki biar halus πŸ˜‚
Aku pernah nyoba merk lain, tapi sampe ditumpah-tumpahin dari bungkusnya juga jarang ada yg punya cairan banyak seperti yg aku mau. Sheet mask ini pemakaiannya lebih mudah dari masker biasa loh.. setelah dipake di wajah, diamkan sekitar 20-30 menit, kemudian lepas dan biarkan essence / cairannya menyerap ke kulit, jangan sampe di buang karena disitulah kandungan zat aktifnya ada.. biarkan sampe kering, atau dikeringin dengan cara dikipas. Gak usah dibilas yaaa.... bisa langsung lanjut ke tahap berikutnya.
Kemasan : isi 1 sheet mask
Harga : My real squeeze mask Rp 19.000,00 , Skin Clinic Mask Rp 33.000,00

8. Eye Cream
Selanjutnya setelah sheet mask kering dan zat aktif sudah meresap, langsung aplikasikan eye cream di bawah mata. Eye cream berfungsi mengurangi mata panda, mengurangi kantung mata, dan juga mengurangi kerut di sekitar mata. 

Untuk eye cream, aku pake dari seri Novage True Perfection yaitu Refreshing Eye Illuminator. Eye cream ini fungsinya sudah aku jelasin sebelumnya yaa... Aku suka eye cream ini soalnya aplikatornya sudah berbentuk stainless roll yang bisa berfungsi untuk memijat sekitar mata. Owya pemijatannya dilakukan ke arah luar dan di ujung mata di tarik ke atas untuk menjaga kekencangan kulit sekitar mata. Ampuh banget buat mata panda atau kantung mata, apalagi kerutan. Karena fungsi utama seri skincare dari Novage True Perfection ini adalah untuk kulit yang lebih sehat, menyamarkan garis halus dan kerutan. Kalo sudah dipijit pake roll-nya, biasanya aku lanjut pake jari manis ditepuk-tepuk juga. Ditepuk pelan aja ya, jangan terlalu semangat nanti lecet πŸ˜†. Setelah itu diamkan dan lanjut ke tahap berikutnya. 
Kemasan : 15 ml
Harga : Rp 315.000,00

9. Face Cream
Face cream terdiri dari krim siang dan krim malam. Biasanya, tekstur krim malam lebih padat atau lebih berisi dari krim siang. Karena krim malam berfungsi untuk menutrisi kulit selama kita istirahat, sehingga kandungannya lebih banyak. 

Krim siang dan malam yang aku gunakan dari seri Novage True Perfection by Oriflame. Seperti kubilang, aku kenal mereka ni satu geng dari tahun 2017, jadi udah akrab bingit 😁
Tekstur krim siangnya lebih ringan, gak lengket dan cepat meresapnya. Jadi, kalo pas pagi dilanjut pake produk make up gak bakalan ada masalah. Jangan takut make up gak nyatu atau gimana, dijamin aman. Tekstur krim malam seperti yang udah kubilang sebelumnya juga lebih kental. Kandungan zatnya lebih banyak. Dua krim ini rutin kupake setiap hari pagi dan malam sesuai namanya, gak pernah di skip juga. 
Kemasan : 50 ml
Harga : True Perfection Perfecting Day Moisturizer Rp 379.000,00, True Perfection Renewing Night Cream Rp 379.000,00

10. Sleeping Mask
Sesuai namanya, ini adalah masker yang diaplikasikn setelah krim malam dan dibiarkan semalam ketika kita tidur. Tekstur sleeping mask bermacam-macam, ada yang gel, krim, dll.

Sleeping mask yang aku pake kali ini yaitu dari seri Novage Intense Skin Recharge Overnight Mask. Sesuai namanya, fungsi utamanya yaitu “mengisi kembali” kekuatan kulit yang lelah seharian beraktifitas. Jadi pas bangun muka lebih segar dan glowing. Teksturnya hampir mirip dengan night cream dan ada sedikit wewangian dari kandungannya. Owya, sleeping mask tidak disarankn untuk dipake harian, dan aku cuma aplikasikan 2x seminggu. Itu sudah cukup untuk manfaat yang dijanjikan produk ini. 
Kemasan : 50 ml
Harga : Rp 425.000,00


Panjang yaa?? πŸ˜‚
Iya, namanya juga 10 langkah.. Ngebayangin buat ngelakuin semuanya kadang berat, apalagi kalo mager. Tapi diusahakan untuk rutin pemakaian yaaa... kalo gak bisa 10 step skincare, cukup yang basic aja, misal cuci muka dan penggunaan krim siang dan malam + sunblock / sunscreen di siang hari.
Owya, selain itu, ada juga tambahan produk yang aku pake, yaitu masker. Masker kupake seminggu 3 x, dan ini produknya :

1. Innisfree Super Volcanic Pore Clay Mask 2x
Masker berbentuk clay yang mengandung Jeju Volcanic Cluster Sphere TM yang mampu menyerap sebum 2x lebih ampuh sehingga mengontrol minyak di wajah dan merawat pori-pori secara intensif. Aplikasi produk ini gampang bisa pake kuas atau jari. Cukup didiamkan selama 10-15 menit sampai masker kering, kemudian bilas dengan air sampai bersih. Aku biasa pake ini di hari Selasa pagi setelah pemakaian sheet mask di malam sebelumnya. Fungsinya untuk mengontrol minyak di wajah dan bikin lebih seger.
Kemasan : 100 ml
Harga : Rp 190.000,00

2. Pure Skin Blackhead Clearing Mask
Masker wajah yang seger banget karena ada kandungan mint-nya dan ampuh mengeringkan jerawat. Masker ini juga membantu merawat pori-pori sehingga bisa membuang komedo, menyamarkan pori-pori dan mengontrol minyak. Cukup aplikasikan menggunakan kuas atau jari dan diamkan selama 10-15 menit hingga masker mengering kemudian baru dibilas di air yang bersih. Setelahnya rasanya tuh seger banget.
Kemasan : 50 ml
Harga : Rp 125.000,00

3. Optimals Moisture Quenching Face Mask
Masker ini bentuknya gel, dan adeeemmm banget walaupun gak masuk kulkas. Mengandung ekstrak beri2an yang berfungsi melembabkan dan membuat kulit lebih sehat serta kenyal. Aplikasikan masker ini secara merata menggunakan spatula atau jari, kemudian diamkan sampai gel kering baru kemudian di bilas air bersih. Aku biasanya pake masker ini hari Minggu, pas gak kemana-mana, seharian bisa main di kamar dengan kondisi AC on, jadi perlu pelembab yang lebih intens. 
Kemasan : 50 ml
Harga : Rp 165.000,00


Sebelum ditutup, aku juga bikin jadwal untuk skincare malam agar supaya akika tidak lupa. Berikut jadwalnya :

Ingat yaa.. tidak semua produk perawatan dipake di waktu yang sama. 
Kunci dari skincare ada dua, yaitu :
1) sesuaikan dengan kondisi kulit
2) KONSISTEN!

Konsisten itu penting. Percuma banyak skincare tapi kita sendiri males, sekedar cuci muka aja males apalagi pake bla bla bla... jangan yaaa.... Kulit perlu dirawat loh, buat investasi jangka panjang. Selain pemakaian skincare, jangan lupa untuk istirahat cukup, minum air putih cukup, dan menjaga pola makan. Menghindari gorengan bisa ampuh loh bikin kulit jauh dari masalah, terutama jerawat.
Biasakan untuk konsumsi buah setiap hari, dan juga sayur. Kurangi atau bahkan hindari stress dan selalu hepi :))

Itu tadi rangkaian perawatan yang biasa aku pake di malam hari. Trus bagaimana dengan perawatan di siang hari? Untuk pagi hari, biasanya aku pake dengan urutan berikut :
 cleansing gel —> hydrating toner —> Skin priming essence —> day cream —> sunblock (aku pake novage day shield SPF 50 UVA/PA ++++) kalo gak kerja / libur. Kalo kerja si sunblock aku skip —> primer (yang mengandung spf / tidak) —> foundation / bb cushion harus mengandung spf —> blush cream / blush on compact biasa —> loose powder —> lip liner (kadang skip) —> lipen —> setting spray (kadang skip) udah selesai.. ☺️
Kalo libur mentok di penggunaan sunblock aja. Gak mek ap an ya gaes.. lebih hemat.. πŸ˜„


Sekian cerita 10 step skincare ala akuuu...
Semoga membantu yaa teman-teman.. selamat istirahat 😊😊☺️

Komentar

Postingan Populer