Ramadhan dan Lebaran

Flashback beberapa waktu yang lalu, ketika aku merasa Ramadhan berlalu begitu lama, penuh rasa dan baju lebaran menjadi tradisi wajib di setiap lebaran. Iya, dulu memang yang ditunggu ketika Ramadhan sedang berjalan adalah dibeliin baju baru yang kita pilih sendiri. Setiap tahun sejak kecil harus selalu ada, dan ternyata aku sama adek-adekku memang dimanja oleh ortu. Kadang malah baju lebaranku melebihi budget yang telah ditentukan, dan itupun tidak apa-apa. Mungkin, selama anaknya bahagia, mereka ikhlas ngasih apapun yang mereka punya.

Bicara tentang Ramadhan, dulu apalagi pas sekolah, satu hari di bulan Ramadhan itu terasa lama sekali dan nikmat ketika berbuka pun luuaarr biasa. Apalagi seminggu pertama puasa dan seminggu terakhir menjelang lebaran. Tantangan terberatnya ya tetap, ada di rasa haus dan lapar. Tapi, kenapa Ramadhan dahulu terasa begitu berkesan ya? Entah kenapa, semakin kesini Ramadhan semakin cepat pergi πŸ˜”.

Ya, seperti kataku Ramadhan sekarang entah kenapa dirasa begitu singkat. Ya Allah, bulan baikmu kenapa berlalu seperti ini? Apa mungkin karena kita semakin menyepelekan waktu, kehidupan yang semakin tua dan akhirnya mempersingkat perjalanan waktu. Dan Ramadhan kali ini pun masih belum bisa menuntaskan ibadah puasa satu bulan full πŸ˜“

Waktu berlalu, perihal lebaran dan baju baru pun mulai terkikis dari pikiran sendiri. Dulu, esensinya lebaran ya baju baru. Sekarang, selalu saja mikir mau beli baju baru. Karena terkadang, baju lebaran ya cuma dipake pas lebaran ajaπŸ˜‚, selebihnya ya menjamur di dalam lemari. Bukan menjadi pelit, tapi mulai memahami bahwa memulai hari baru bukan berarti harus memakai sesuatu yang baru. Sempat memang beberapa kali mau beli baju lebaran, dan kata mamake "Bajumu tuh di lemari penuh. Mau dipake kapan?" iya memang, ada satu dua baju yang sama sekali belum kupake dari pertama beli. Iya memang, aku memang seperti itu, pengen sama sesuatu, pas udah didapat jadi bingung mau dipake kapanπŸ˜‚ #perempuan 😏

Masih ada kok yang sudah beranak pinak masih sibuk mikirin baju lebaran. Buatku ya terserah masing-masing, selama ada budget dan gak ngerugiin sapa-sapa ya haknya masing-masing :)

Selamat puasa.
Dan selamat menanti lebaran :)

Semoga khidmat dan makna puasa serta lebaran tetap menjadi hal yang paling dirindukan.

Komentar

Postingan Populer