Berproses

Tau kan, di dunia ini mana ada yang instan? Bahkan, seinstan “mie instant” saja tidak langsung semudah itu bisa dimakan. Harus dimasak dulu, direbus, dikasih bumbu baru deh disantap. Sekitar 3-5 menit lah ngabisin waktu buat nyiapin semangkok mie yang katanya instan. Perlu waktu kan?

Pun manusia, contohnya aku. Aku yang mencoba berproses untuk lebih baik.
Aku yang akhirnya memilih untuk memakai hijab secara konsisten mulai tanggal 01 Februari 2014, yang waktu itu temen langsung heran “loh, lus km sekarang pake jilbab?” Yaa... dengan bismillah mulai menutupi diri sedikit demi sedikit. Proses berubah tentu tidak mudah, kadang ya you know lah awal-awal anak SD belajar gimana? Kadang masih tergoda main, kadang males, kadang ya gitu lah kadang-kadang. Dan akhirnya koleksi bertambah gegara tuntutan proses, yaitu koleksi “jeblab”. Dulu, mana pernah punya jeblab instan atau segiempat, sukanya selalu pake pashmina. Tapi oh tapi makin kesini yang jual pashmina udah jarang, ya akhirnya saya koleksi yang segiempat donk 😂 (kemakan omongan sendiri, dulunya gak suka segiempat🥴)

Selanjutnya, aku mencoba untuk berproses lebih lagi. Apa? Mencoba untuk meninggalkan celana, terutama celana jeans. Waktu itu ngerasa gak pede karena akunya berasa gemukan jadi mulai berpikir buat gak pake jeans lagi. Terakhir beli jeans kayaknya tahun 2016 dan sekarang juga udah gak ada 😂 udah dikasih sama yg badannya lebih singset haha.. Akhirnya posisi enak si jeans digantikan oleh celana kulot, alhamdulillah. Puas sampai disitu? Tentu tidak.... 
Lanjooottt....!!

Tahun 2018 adalah masa berproses selanjutnya. Aku mulai mencoba untuk mengurangi penggunaan celana kulot, berganti ke rok. Gak cuma sehari-hari, tapi juga pas jam kerja. Padahal kerja itu paling enak pake celana, soalnya kerja gak bisa diam selalu kesana kemari tapi gak nyari alamat palsu (garing 😝). Tentuuu sajaaaaaaa tidak semudah itu fergusooo.... berproses itu mana ada yang gampang.... tergoda ya adaaaaaa, gak pede ya adaaaa,.. tapi kalo kita sendiri udah “nyaman” ternyata tak masalah.... kadang ngerasa ribet pake rok ya iya.... (YAIYALAAAHHH RIBEET... ORANG GUE DULU PERNAH PAKE ROK DIKATAIN BANCI AMA MAK GUE GEGARA GAK BIASA DAN JADI ANEH😩) Salah-salah milih rok pas kerja bisa berabe, bukannya gesit malah nyusahin diri sendiri.

Alhamdulillah berproses tentang pakaian sejauh ini sudah selumayan ituu.... pilihan pun utk jalan ya kalo gak rok atau gamis, atau kalopun tunik bolehlah pake celana, tapi kulot. Gak pede lagi ituuu celana-celana jeans apalagi yang pensil 😂 nyiksa diri aing yang adaa.... gak mauuuu berbii tersiksa. Cukup hati,, eeaaaa

Berproses sekali lagi tidak gampang.
Perjalanan malika menjadi kecap kesayangan anak bangsa saja tidak mudah, dari kecil dirawat seperti anak sendiri, alhamdulillah hidup sampe jadi kecap. Kalo mati di tengah jalan kan kasian, belom lagi si malika durhaka jadi malika kundang trus ngutuk petani jadi botol kecap itu. Beda cerita lagi...

Proses menyediakan waktu dan ruang untuk kita belajar. Belajar memahami diri sendiri, belajar untuk jadi lebih baik, belajar untuk yakin proses yang kita ambil adalah untuk kebaikan. Tidak mudah menjadi baik, apalagi untuk tetap baik ketika orang baik malah menjadi disalahmanfaatkan oleh orang lain. 

Nikmati prosesmu, sejauh mana sekarang kamu melangkah, sudah di fase mana kamu berada, trus lanjutkan entah itu perlu waktu singkat atau lama. Semua ada waktunya... Tidak ada kata akhir dalam proses dan dalam kebaikan. 

Doakan kita semua selalu berproses menuju kebaikan.
Doakan kita semua dikaruniai hati yang mampu menerima proses kebaikan.
Doakan kita semua mampu menjalani proses kehidupan yang baik-baik ini.
Aamiin


Komentar

Postingan Populer