Random Talk With Kanjeng Mami

Suatu siang..
Waktu itu pas balik kerja di hari Jum’at, ngumpullah di meja makan sambil ngunyah. Dan entah dimulai dari mana, entah ngobrolin apa, tiba-tiba aku nyeletuk gini “ Ma, cita-cita ulun kalo meninggal maunya pas lahiran atau pas sepi alias gak nyusahin orang (misal meninggal dalam tidur, meninggal pas shalat)” Dan tauuu gaakk gimana respon mak saya???? Awalnya santai, menanggapi dengan sedikit raut sedih denger aku ngomong gitu.
Kemudian, sambil berucap “gak bisa kayaknya, mama gak bisa terima.. sedih ja bawaannya kalo liat anakmu nanti pasti ingat ibunya. Anak kucing ditinggal ibunya aja mama nangis, apalagi anak mama sendiri kayak gitu” huhu doi nangis donk beeebbbb.....

Trus kutambah dramanya menjadi gini “Trus ma, anak ulun gak minum asi, gak ngerasain asi soalnya dari lahir udah gak ada ibunya. Jadi neneknya yg ngurus yg jagain yg ngerawat sampe gede. Mau nda ma?” πŸ˜… Entahlaaahhh apa yg merasukiku sampe obrolan bisa se-random ini. Kemudian kanjeng papi alias ayah di rumah menambahkan ceritanya kalo dulu pernah jadi saksi membongkar kuburan keluarganya (ibu2 yg yg meninggal pas lahiran), soalnya mau dipindahin, sekitar 3 bulan setelah meninggal dan pas dibuka kuburannya, masha allah itu gak ada mayatnya, tersisa sedikit kain kafan aja. Kata salah satu ustadz penyerta pas bongkar makam itu “kalo orang meninggal pas lahiran, semuanya diangkat sama Allah, gak cuma roh tapi juga jasadnya”. Allahu akbar. Dan ayah jadi saksi di situ tentang pernyataan tsb.

Perihal meninggal dalam diam, itu juga jadi cita-citaku. Kenapa? Karena gak mau ngerepotin orang lain. Sekali lagi, entahlah... apa yg kumaksud “ngerepotin orang lain”ini. Dulu, ketika pisah sama keluarga urusan sekolah, seringnya aku mikir kalo aku meninggal dalam perjalanan, entah itu kecelakaan pesawat, atau apapun itu mungkin aku akan tenang. Karena gak akan ngerasa kehilangan. Aku egois sampe gak mikir perasaan orang-orang yg aku tinggalin. Soalnya aku gak mau kalo sampe orang terdekatku pergi duluan, apalagi orang tua (ya allah panjangkan selalu umur mereka aamiin πŸ™πŸ»πŸ™πŸ»). Gak kebayang gimana aku hidup nantinya.

Sempet juga kepikiran pas 2015 orang tua pergi haji, ketika di tahun itu cobaan ujian musibah lumayan lebih banyak, dari yg bencana alam sampe kecelakaan pembangunan. Di situ juga mikir sampe nangis sendiri gimana kalo kejadian apa-apa sama mereka dan aku disini bertiga adek2ku siapa yg ngurus? 😭 Jadi tiap ada berita apa tentang disana, kadang tau dari orang lain kadang aku tau sendiri, selalu nanyain kondisi mereka. Kadang tiba-tiba tante (kakaknya mama) datang ke rumah trus nanyain “Si, ada kabar apa disana?” Trus karena baru liat berita gitu aku meluk tanteku dan nangis, padahal disana blm tau gimana karena dihubungin blm ada jawaban. Sambil kirim doa waktu itu sering ngadain shalat berjamaah di rumah, seneng aku kalo pas momen ngumpul keluarga gitu, jdi rame. Inget juga sebelum pergi, si ayah nitipin anak-anaknya sama kakak2nya mamaku, ngomongnya gini “ Ning (panggilan keluarga “uning”, nitip anak-anak yaa... Liat2 mereka di rumah, jagain mereka yaa.. doain kami mudah2an balik ke sini sehat semua” aamiin. Itu gak cuma satu orang, tapi semua keluarga dititipin anaknya donk 😭😭 Ah, sedih kalo diingat- ingat... tapi alhamdulillah mereka sudah balik, dan alhamdulillah masih sehat bugar sampe sekarang.

Percakapan random di siang Jum’at itu akhirnya kuhabiskan. Kalo dilanjutin emak saya ini bisa nangis-nangis mulu padahal itu cuma halu anaknya aja πŸ˜‚πŸ˜…
Tapi ya apapun cara kita meninggal nanti, semoga kita selalu dalam keadaan husnul khatimah aamiin πŸ™πŸ»πŸ™πŸ»

Sekian tulisan random ini, semogaaaa segera ada cerita yang seru untuk ditulis lagi
Babaaayy

Komentar

Postingan Populer