Sepenggal Kisah Masa Lalu

Hujan dan mati lampu biasanya jadi waktu yang tepat buat ngumpul-ngumpul sama keluarga. Ngumpul itu kalo gak "makan" ya biasanya ngobrol-ngobrol ngawur yang gak jelas. Keseringan juga sih cerita di masa lalu, Cerita tentang masa kecil masing-masing, atau kehidupan orang tua di jaman dulu. Momen-momen begini bikin seneng.

Contohnya tadi sore, ujan turun gak berenti-berenti, sama kayak kangennya orang LDR yang udah diubun-ubun tapi gak kunjung ketemu. Huhuhu... Akhirnya,karena di rumah gak ada orang aku pergi ke tetangga sebelah yang sebetulnya adalah rumah tante sendiri. Ngobrol-ngobrol sambil makan, dan liat adegan "buaya timbul" (ini seriusan, akhirnya aku punya kesempatan liat langsung buaya timbul!) karena rumah memang di pinggir sungai. Beberapa kali aku liat itu buaya timbul-tenggelam kayaknya betah banget berenang di tengah ujan :D

Oke. Urusan sama buaya kelar. Next, cerita di tengah ujan kali ini adalah tentang masa lalu. Tentang kisah masa kecil sepupu-sepupu, termasuk aku. Dan juga cerita masa muda ibu, serta kakak-kakaknya. Seru, banyak cerita-cerita konyol yang baru diketahui. Satu hal yang berbeda, memang terletak pada kehidupan dulu dan sekarang. Seneng aja gitu rasanya dengerin gimana masa mudanya ibu, semangat mereka sekeluarga dan akur antara adik dan kakak. Walaupun kehidupan tidak mewah, bahkan jauh dari kata "cukup", tapi mereka menikmati semuanya. Kisah tentang bagaimana ibu sebagai anak bungsu disayang dengan perhatian dan kasih sayang tak terbatas dari ibu dan kakak-kakaknya. Ah, rasanya ingin sekali aku ke masa itu. 

Cerita berlanjut ke kebiasaan anak-anaknya masing-masing pas masih anak-anak. Ada yang nakal, ada yang pendiam, ada yang cengeng. Dan aku adalah anaknya yang dulu sempat kecebur di sungai beberapa kali karena iseng main. :D

Indah sekali sore hari ini. Kelar cerita pas adzan maghrib berkumandang dan ujanpun sudah berhenti. Satu hal yang aku suka setelah hujan adalah suasana  yang terlihat lebih bersih, kayak dicuci sendiri oleh yang maha besar. Rasanya indah sekali, liat pepohonan, rumah, daun, basah dan bersih.

Kira-kira hujan nanti membawa kisah tentang apa yaa?

Komentar

Postingan Populer