Tentang Alasan

Ada orang yang ketika memiliki sesuatu, hanya dibiarkan begitu saja karena merasa ketertarikan benda tersebut sudah abis.
Ada orang yang ingin memiliki sesuatu karena ikut-ikutan lingkungan di sekitarnya dengan kata lain TREND.
Ada orang yang ingin memiliki sesuatu karena kecintaan dan mempergunakan benda tersebut dengan sebaik-baiknya.
Ada orang yang ingin memiliki sesuatu karena mencoba-coba, dia gak tau mau diapakan benda ini nantinya?

Bingung dengan tulisan saya kali ini?

Alasan.
Merupakan latar belakang kenapa orang berbuat seperti apa yang terlihat oleh orang lain?
Coba kalian jawab, di antara keempat jenis orang tersebut anda termasuk yang mana? Alasan mana yang akan anda utarakan?

Memilih sesuatu yang kita miliki saat ini tentu ada alasan penyertanya. Kenapa anda memilih boneka sebagai koleksi anda? kenapa anda memilih memancing sebagai hobi anda? Kenapa anda memilih shopping sebagai pelampiasan stress anda? Mungkin orang lain gak ada yang mengerti alasan anda, tapi minimal anda telah memiliki alasan tersebut.

Ini terjadi di bisnis saya.
Ya, saya di Oriflame sejak setahun kemaren. Dan ya, saya masih berada di level bawah, terus mendaki menuju anak tangga tertinggi. Dan, saya selalu tergiur, selalu iri dengan uang puluh2 juta di papan recognisi leader-leader di atas saya.

Tapi, bukan ini yang akan saya bahas.

......


Saya menemui beberapa leader yang baru bergabung di oriflame, baru sekali namun sudah menyerah.
Kenapa? Jawaban yang mereka sampaikan macem-macem, di antaranya :
  1. GAK NGERTI DENGAN SISTEM ORIFLAME
  2. NGERJAINNYA SUSAH
  3. GAK PUNYA MODAL
  4. GAK PUNYA WAKTU
  5. PENJUALAN SEPI. GAK ADA PEMINATNYA
  6. DLL DLL DLL ................................

Oke. Itu cuma secuil alasan dari sekian banyak alasan. Aku juga ngerasain yang sama kok.
Aku disini, ngerjain juga sambil merangkak.
Kadang gak tupo (keseringan malah), web replika di suspend berbulan-bulan karena bobo kelamaan.
Orderan yang sepi juga sering aku rasain karena konsumen ngerasa produknya MAHAL.
Semua alasan itu juga pernah aku utarakan sama diri sendiri.


Tapiii......
Sodara-sodara inget yaaaaa...!!!!!!!!
Semua masalah-masalah itu bisa kok dipecahkan.

Ketika kamu gak ngerti sistem oriflame :"(1) Belajar. Bisa baca-baca di buku panduan manual member baru. (2) NANYA SAMA UPLINE! Konsultasi sama upline atau dia yang memberikan kamu peluang di oriflame itu PENTING! Gak usah malu. Hal sekecil apapun kalo gak paham, gak ngerti ya langsung tanya aja. Upline gak akan menyepelekan pertanyaanmu kok, disini kita SATU TIM. (3) Ikutin training online dan offline-nya. Training biasanya rutin dilakukan. Nah, kamu bisa ambil ilmu-ilmunya buat dipraktekin."

Ngerjain oriflame susah :" Susah? Mungkin karena kamu belum mengerti. Kerja di oriflame itu lebih fleksibel coy! Sekali lagi saya tekankan harus belajar. Buka lagi panduan online dan offline-nya. Kalo saya di d"BCN, disediakan web replika untuk belajar. Disitu lengkap mulai dari langkah awal, sampai membahas success plan yang keren itu."

Gak punya modal :" Setauku, modal di oriflame itu (modal uang) pendaftaran 49.900, katalog 1 pc 5900 (lebih banyak katalog lebih murah), internet (bisa ke warnet dengan tarif 2500 atau berapalah /jam), modal tupo (sekitar 7rts ribuan). Modal yang non-material adalah waktu, semangat, kekompakan, dan kerja yang baguuusss.. Modal emang banyak yaa,, tapi gak sebanyak kalo kita buka "warung kopi". Modal tupo 7rts ribuan bisa kita dapatkan dengan marketing by katalog. Dipostingan sebelumnya, sudah dijelaskan juga bahwa kita sebagai konsultan oriflame GAK PERLU stok barang. Artinya MODAL bagi konsultan independen oriflame itu HANYA KATALOG saja. Kalo kata direkturku,"KATALOG ADALAH SENJATANYA KONSULTAN ORIFLAME". Jadi, modal kita lebih murah, lebih kecil, dan lebih ringan, bisa ditenteng kemana-mana. Mudah kan?"

Gak Punya Waktu :" Apakah rutinitasmu lebih sibuk dibandingkan ibu-ibu rumah tangga? IRT merupakan makhluk tersibuk di dunia (menurutku). Mereka bekerja dari bangun tidur, sampai menjelang tidur. Mereka bangun lebih awal dari yang lain, dan tidur lebih lambat dari yang lain. Apakah kesibukanmu seperti itu? IRT dengan segudang aktivitasnya di rumah SANGAT MAMPU menjalankan bisnis ini dengan penghasilan RUUUAARRR BIAASSAAAHHH! Gak usah banyak-banyak, luangkan waktumu yang berkualitas minimal satu jam atau berapalah untuk bekerja disini. Simak dan ikuti trainingnya selagi nonton tv, lakukan marketing online dan offline selagi nongkrong dimana saja, lakukan perekrutan saat asik sama anak atau teman-teman kamu. Mudah kan?"

Penjualan Sepi. Gak ada peminat :" Sudah nyebar katalog kemana-mana? Sudah lakukan penjualan online pake sosmed kamu? Sudah membeli produknya untuk dipakai pribadi? Jika belum, coba lakukan langkah-langkah ini. Produk oriflame itu banyak. Kalo konsumen gak suka produk A, bisa kita tawarkan yang B, atau C, atau jadi membernya. "

Begitu banyak alasan memang untuk berhenti ngerjain bisnis ini.
Tapi, kita harus puny amindset sendiri bahwa "alasan apapun gak ada apa-apanya dibandingkan duduk manis di dalam mobil CRV bertuliskan ORIFLAME gratiiiisss!


Huuhhh,,,panas ya bacanya dari tadi? :P


Siapa sih aku yang nulis berapi-api begini tentang Oriflame?
Sudah berhasilkah? Sudah level Diamond kah?

Dan ternyata.........

......
......


.......

Kalo ada yang nanya tentang level saya berapa saat ini karena tulisan saya ini? Kamu harus tau, sampai saat ini SAYA MASIH DI LEVEL 3%., sempat berada di 6%, namun turun lagi karena lama vakum. Mungkin jauh ketinggalan anak tangga, bahkan dari leader-leader yang baru. Tapi, apa yang membuat saya bertahan disini? Saya masih mengerjakan bisnis ini sampe sekarang karena saya sudah jatuh cinta dengan sistem oriflame, saya jatuh cinta dengan kekompakan tim di oriflame, saya jatuh cinta dengan reward-reward yang diberikan oriflame, dan karena saya yakin oriflame beda dengan bisnis yang lain. Disini, saya percaya suatu saat nanti, di waktu yang tepat (mungkin tahun depan, atau dua tahun lagi) saya akan memegang papan recognisi dan membiayai hidup dengan hasil oriflame :)

Pesanku, ketika kamu tertarik menjadi keluarga besar oriflame, carilah alasan yang "PAS" dan "TEPAT". Ketika ditanya alasan kamu bergabung, kamu tentukan apakah kamu berminat menjadi konsumen saja, berjualan saja, atau mengejar success plan oriflame. Dengan tujuan yang jelas, menjalankan bisnisnya pun sangat terarah.

Ingat, jangan patah semangat.
Alasan-alasan yang kamu sampaikan juga sepertinya berlaku untuk leader-leader oriflame yang lain, termasuk aku. Sampai sekarang ada kalanya aku susah tupo yang hanya 100 poin. Dan itu gak masalah. Masih bisa kerja di bulan depan, tapi hasil yang kamu dapetin juga gak akan sama kayak yang kerja full yaaa...

Quote hari ini "Mungkin kita gak punya alasan yang kuat untuk memilih sesuatu, tapi kita harus punya alasan yang kuat untuk MEMPERTAHANKAN apa yang sudah kita pilih "

Selamat malam, selamat berisitirahat

Email : nisalusiana@yahoo.com / nslusiana68@gmail.com
fb : Nisa Lusiana
Twitter : @NeyLucy

Komentar

Postingan Populer